Curug Leuwi Hejo Sentul (Bogor)

Curug Leuwi Hejo Sentul (Bogor) – Haloo... satu lagi curug di Bogor yang akan saya bahas dalam ngebolang saya kali ini, masih di sekitaran daerah karang tengah, babakan madang, Sentul Kabupaten Bogor. Tepatnya di Curug Leuwi Hejo, curug yang bersebelahan dan berhubungan dengan Curug Ciung atau Cibaliung dan Curug Kencana. Berbeda dengan Curug yang lainnya, untuk mencapai ke Curug Leuwi Hejo ini saya lebih memilih untuk melalui jalan memutar karena selain Curug Leuwi Hejo itu sendiri ada banyak Curug lainnya yang masih satu lingkup dengan Curug Leuwi Hejo ini seperti Curug Leuwi Cepet, Curug Leuwi Lieuk, Curug Cibaliung dan Curug Barong.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Untuk menuju kesana saya rasa tidak terlalu sulit, saya tetap mengarahkan kalian untuk menuju Jungle Land sebagai start awal karena lokasi tersebut yang paling mudah untuk dijadikan patokannya. Dari Jungle Land kita hanya mengikuti jalan utamanya saja sampai bertemu pertigaan ambil ke kiri, seperti biasa untuk selalu sedia uang pecahan Rp. 1000 dan 2000 untuk pungutan sepanjang jalan menuju kesana dan pastikan kendaraan anda dalam kondisi fit tentunya, jalanan yang sedikit menantang dan melalui turunan serta  tanjakan akan menjadi kendala jika kendaraan kalian tidak dalam kondisi baik.

Harga Tiket Masuk Leuwi Hejo

Harga tiket Masuk Leuwi Hejo per orang Rp. 15.000 termasuk parkir dan asuransinya. Tetapi harga tersebut hanya untuk masuk ke Curug Leuwi Hejo saja, belum termasuk ke dalam curug yang lainnya ya. Untuk bukti  pembelian tiketnya disimpan dengan baik yaa karena kalau hilang akan ada denda Rp. 10.000 – Rp. 15.000.

Foto Pintu Masuk dan Parkir Leuwi Hejo

Curug Leuwi Ce’pet

Karena saya melalui jalan memutar maka Curug Leuwi Hejo ada diurutan paling akhir yang saya kunjungi. Curug pertama yang saya datangi pertama kali adalah Curug Leuwi Ce’pet, tidak begitu jauh dari parkiran jalan akan bercabang, jalur ke bawah akan menuju langsung ke Curug Leuwi Hejo sedangkan yang ke atas akan menuju Curug Leuwi Ce’pet. Untuk menuju ke Leuwi Ce’pet kita harus tracking selama 20 menit dengan jalanan yang menanjak. Sebelum masuk kesana kita diharuskan untuk membayar retribusi sebesar Rp. 10.000 per orangnya.


Foto Curug Leuwi Ce'pet

Curug Leuwi Lie’uk

Dari Curug Leuwi Ce’pet saya melanjutkan perjalanan ke Curug Leuwi Lie’uk, untuk menuju kesana jalurnya tidak terlalu sulit kita hanya butuh waktu tracking 10 menit saja tetapi melewati arus air sepanjang 50M dengan kedalaman 1m, disarankan untuk membawa plastik untuk menaruh barang-barang bawaan kalian untuk menghidari basah atau membawa Dry Bag Waterproof untuk lebih amannya. Disini jika kalian tidak bisa berenang disarankan untuk berpasangan dengan yang bisa berenang karena arusnya cukup deras atau berjalan perlahan dengan berpegangan pada dinding bebatuan disana. Di curug Leuwi Lie’uk kedalamannya sekitar 7M, jadi kita bisa loncat dari tebing disekitarnya dan disediakan tali untuk menaiki tebing tersebut, harap untuk selalu berhati-hati ya guys tebing tersebut sedikit licin dan arusnya yang cukup deras.

 Foto Tiket Masuk Curug Leuwi Lie'uk


Foto Curug Leuwi Lie'uk

Curug Ciung atau Cibaliung

Setelah dari Curug Leuwi Lie’uk saya melanjutkan lagi perjalanan ke Curug Ciung atau Cibaliung, menurut saya ini yang sedikit menguras tenaga karena harus melalui tanjakan dan turunan yang sedikit sulit yang bersebelahan dengan jurang. Disini saya mengingatkan lagi untuk berhati-hati karena kurangnya pagar pembatas dan tanah yang empuk (rawan longsor), berbatu dan agak licin. tracking yang dibutuhkan untuk sampai kesana kurang lebih 25 menit.


Foto Curug Ciung atau Cibaliung

Curug Barong

Curug Selanjutnya adalah Curug Barong, untuk menuju ke Curug Barong saya harus kembali ke Curug Leuwi Lie’uk dahulu untuk mempermudah menuju Curug Barong melalui jalan yang sama. Butuh waktu lebih cepat ketimbang waktu berangkat ke Curug Leuwi lie’uk hanya 15 menit saja untuk trackingnya. Selanjutnya butuh waktu sekitar 25 menit lagi untuk bisa sampai di Curug Barong. Sebelum sampai Curug Barong kalian akan menjumpai Rumah Pohon Asem, untuk bisa berfoto diatas Rumah Pohon Asem ini kalian harus membayar Rp. 2500 per orang dengan kapasitas maksimal 5 orang per 5 menit. Rumah Pohon Asem ini juga sebagai tanda kalau Curug Barong sudah dekat.


Foto Rumah Pohon Asem

Foto Curug Barong

Curug Leuwi Hejo

Dan akhirnya kita sampai di destinasi terakhir saya Leuwi Hejo, dari Curug Barong kita perlu tracking sedikit lagi butuh waktu 10 menit untuk sampai disana.

Fasilitas di Curug Leuwi Hejo

Pengelola setempat menyediakan fasilitas seperti penyewaan pelampung rompi, mushola dan tempat untuk Camping. Harga sewa pelampung rompi pun termasuk murah hanya Rp. 5000 dan tidak dibatasi jamnya begitu pun untuk Camping kita hanya membayar lahan Rp. 40.000 untuk dewasa dan Rp. 35.000 untuk anak sekolah sudah termasuk asuransinya dan tidak dibatasi waktunya berapa lama kalian Camping disana, hanya saja pihak pengelola tidak menyewakan tendanya. Untuk masalah perut setelah berkeliling dikawasan Leuwi Hejo kalian bisa menikmati jajanan disekitar Curug Leuwi Hejo dengan harga mulai dari Rp. 5000 untuk minumannya dan Rp. 10.000 makanannya. Tapi saya sendiri lebih suka membawa bekal dari rumah dan memakannya disana, karena banyak spot yang bisa dijadikan tempat beristirahat dan yang pasti lebih terasa suasana alamnya.

Foto Curug Leuwi Hejo

Sekian review dari saya.
Ngebolang bukan hanya untuk beristirahat dari penatnya rutinitas kita sehari-hari, juga bisa menambah persaudaraan dengan pengunjung lainnya disana.

Terima kasih...



curug leuwi hejo, curug leuwi lieuk, harga tiket masuk leuwi hejo bogor agustus 2017, curug leuwi hejo bogor, alamat curug leuwi hejo sentul - bogor, jalan menuju leuwi hejo naik motor, curug leuwi hejo angker
Curug Leuwi Hejo Sentul (Bogor) | adi nugroho | 5

0 komentar:

Posting Komentar