Wisata Kebun Raya Bogor (Tiket Masuk, Kuliner, Hotel, Misteri)

Wisata kebun raya bogor (tiket masuk, kuliner, penginapan, misteri) – Haloo... berbicara tentang Bogor, rasanya kurang lengkap kalau saya tidak membahas tentang kebun raksasa yang berada tepat di tengah kota bogor ini. Kebun Raya Bogor yang memiliki luas mencapai 87 hektaree dan mempunyai koleksi 15.000 jenis pohon dan tumbuhan yang hidup subur disana yang beralamatkan Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122, memiliki daya tarik tersendiri untuk orang-orang dari dalam dan luar bogor. Salah satunya yang membuat Kebun Raya Bogor ini menjadi daya tarik adalah adanya bunga bangkai. Termasuk saya jika ada orang yang menyebutkan Kebun Raya Bogor sudah pasti yang terlintas pertama kali dibenak saya adalah bunga bangkainya. Tetapi disini tidak hanya itu saja yang akan saya bahas masih banyak yang akan saya ceritakan selama perjalanan saya mengitari Kebun Raya Bogor ini.

 Foto Pintu Masuk Kebun Raya Bogor

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor


Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor ini Rp. 20.000 per 1 orang sudah termasuk parkir motor untuk mobil Rp. 30.000. tiket masuk untuk wisatawan asing sebesar Rp. 25.000. Disana juga ada penyewaan mobil keliling Kebun Raya Bogor atau Buggy Car dengan tarif sewa Rp. 25.000 per orang atau kalian bisa menyewa sepeda dengan tarif Rp. 5000, tapi saya lebih memilih untuk berjalan kaki karena lebih sehat dan tentunya ada kesan tersendiri berkeliling Kebun Raya Bogor ini. Kebun Raya Bogor buka dari jam 08.00 – 17.00 WIB, oh iya tiket yang sudah kalian beli termasuk tiket untuk masuk ke Museum Zoologi ya. Selain itu disana juga terdapat Cafe Dedaunan, toko tanaman dan cinderamata, Rumah Kaca Anggrek, Herbarium, Perpustakaan. Kebun Raya Bogor ini buka setiap hari di jam yang sama yaa.

Kuliner di Kebun Raya Bogor

Kalau untuk kuliner di Kebun Raya Bogor ini tidak ada yang terlalu khas, mungkin hanya ada cafe-cafe yang didekat Kebun Raya Bogor saja seperti, Grand Garden Resto & Cafe, Kedai Kita, Kumalawangi, Maraca Books and Coffee, Gaya Tunggal, MCD Juanda, Mall BTM, Botani Square. Yang saya sebutkan diatas adalah beberapa tempat kuliner yang kurang dari 1km dari kebun raya. tetapi di dalam Kebun Raya Bogor sendiri pun sudah ada Cafe Dedaunan yang menjadi favorit para pengunjung untuk beristirahat sejenak mengisi perut jika berkunjung kesana dan ada juga para pedagang yang menjual makanan, minuman, es krim di beberapa spot dikebun raya dengan harga yang termasuk murah, es krim Rp. 3000, makanan mulai dari Rp. 8000 dan minuman mulai dari Rp. 5000 saja.

Foto Jajanan di Dalam Kebun raya Bogor

Hotel Sekitar Kebun Raya Bogor

Jika kalian merasa belum puas berkeliling mengitari Kebun Raya Bogor dan kalian dari luar Bogor tentunya, kalian bisa kok menginap di hotel sekitaran Kebun Raya Bogor dan tentunnya jaraknya kurang dari 1km. Seperti hotel Papa Ho Hotel, Grand Savero Hotel Bogor, Amaris Hotel Padjajaran Bogor, Hotel Permata Bogor, Hotel Salak The Heritage, Seruni I Pangrango Hotel, Amaroossa Royal Bogor, Zest Hotel Bogor.

Misteri Kebun Raya Bogor

Di balik keindahan Kebun Raya Bogor dan banyaknya tumbuhan yang menghiasinya, Kebun Raya Bogor juga menyimpan misteri yang diceritakan dari masa ke masa, sampai pada saat ini pun beberapa orang masih percaya dengan misteri yang ada disana termasuk saya dulunya. Karena rasa penasaran yang kuat akhirnya saya memutuskan untuk mendatangi beberapa tempat yang saya tau penuh dengan misterinya.

Danau Gunting Kebun Raya Bogor

Danau Gunting ini cocok untuk menjadi tempat berfoto sekaligus duduk-duduk karena tempatnya yang teduh, tetapi mitosnya di Danau Gunting ini kita tidak boleh sembarangan untuk memancing disini karena akan ada sosok hitam besar yang akan muncul, konon katanya dia lah sang penunggu Danau Gunting ini.




Foto Danau Gunting Kebun Raya Bogor

Komplek Makom Keramat

Komplek Makom Keramat ini memiliki sejarah yang cukup kental di masyarakat sekitar karena merupakan makam keluarga Kerajaan Pajajaran Ratu Galuh Mangku Alam Prabu Siliwangi. Di keterangan yang tertulis disana terdapat makam :
  1. Ratu Galuh Mangku Alam Prabu Siliwangi
  2. Mbah Jepra
  3. Mbah Baul
  4. Solendang Galuh Pangkuan

Dari cerita yang saya dengar, makam ini dijaga oleh sesosok harimau jelmaan dari Prabu Siliwangi. Terlepas benar atau hanya mitos saja, jika kalian berkunjung kesini sebaiknya tetap menjaga perilaku kalian yaa. Hawa disekitaran Komplek Makom Keramat ini sedikit berbeda, menurut saya lebih sunyi dan sukses membuat bulu kuduk saya berdiri tidak jelas apa sebabnya hehe

Foto Makom Keramat Kebun Raya Bogor

Makam Belanda

Sekilas tentang Makam Belanda ini, Makam ini sudah ada jauh sebelum Kebun Raya Bogor didirikan oleh  C.G.C . Reinwardt loh. Didalam Komplek Makam Belanda ini terdapat 42 Makam dengan bentuk nisan yang unik. Tempat ini menjadi tempat yang paling penasaran untuk saya kunjungi karena banyak orang yang melihat penampakan sesosok abang dan none none belanda, percaya atau tidak saya sendiri pun melihat sesosok itu dari kejauhan, awalnya saya mengira itu wisatawan asing yang datang berkunjung setelah saya berada di muka Komplek Makam Belanda sesosok itu menghilang.. takut? Tidak saya justru merasa kurang beruntung tidak bisa melihat dari dekat hehe.

Foto Makam Belanda Kebun Raya Bogor

Jembatan Merah

Nah kali ini, Jembatan Merah ini menjadi icon di Kebun Raya Bogor dengan mitosnya yang bisa membuat hubungan kalian dengan pasangan kalian itu berakhir.  Katanya sepasang kekasih yang melintasi Jembatan Merah ini hubungannya akan berakhir, saya sendiri pun tidak tahu sejak kapan dan karena apa mitos ini berkembang di masyarakat tetapi ini lah yang saya dengar dan mungkin saya rasakan, beberapa tahun lalu saya pernah melintasi Jembatan Merah ini dengan pasangan saya sehari setelahnya benar-benar berakhir tidak jelas apa sebabnya. Menurut saya ini lucu hehehe

Foto Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor

Satu lagi icon yang menandingi kepopuleran Bunga Bangkai, Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor.
Siapa yang tidak tahu mitosnya pohon kembar ini, banyak pengunjung yang datang kesini untuk berfoto dengan pasangan atau temannya, karena mitosnya pasangan atau calon pasangan yang duduk dibawah pohon ini maka mereka akan berjodoh hingga ke pelaminan. Tapi sayangnya sewaktu saya kesana bangku yang dijadikan tempat duduk tidak ada hehe.
Tetapi ada hal unik yang terjadi setelah saya menunjungi pohon tersebut, saya datang kesana dengan 2 orang teman saya sebut saja mancung dan ikiw (bukan nama samaran). Awalnya saya hanya iseng meledek ikiw supaya ikut foto dengan 5 orang perempuan yang sedang asik berselfie ria dipohon itu siapa tahu berjodoh dengan salah satunya, setelah menunggu dan bergantian berfoto dengan mereka, saya dan ke 5 orang itu berpisah mereka ke arah kiri saya ke kanan.. mungkin hanya kebetulan atau memang efek mitosnya kita berulang kali bertemu dengan mereka dan setiap pertemuan dengan mereka jalan yang kita selalu berbeda, kekanan dan ke kiri atau sebaliknya sampai di akhir kunjungan saya saat menuju parkiran kita dipertemukan kembali dengan mereka, yang membuat kita semua tertawa berbarengan. Mungkin itu hanya kebetulan semata kalau memang jodoh pasti dipertemukan kembali, iya engga kiw?? Hahaha


Foto Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, menurut saya tempat yang pas untuk kalian yang ingin merasakan udara yang sejuk ditengah padatnya Kota Bogor, tempat yang bisa dijadikan untuk berolah raga yang menyenangkan dan tempat untuk berkumpul dengan teman yang sudah lama tidak dijumpai.
Selalu berhati-hati dan Tetap patuhi peraturan yang ada di dalam Kebun Raya Bogor ini jika kalian berkunjung kesini yaa .





Sekian dan terima kasih...
Wisata Kebun Raya Bogor (Tiket Masuk, Kuliner, Hotel, Misteri) | adi nugroho | 5

0 komentar:

Posting Komentar