Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula

cara beternak puyuh petelur untuk pemula - Burung puyuh merupakan salah satu jenis burung yang tidak dapat terbang seperti burung lain pada umumnya yang memiliki kemampuan terbang. Namun, burung ini memiliki nilai ekonomi tersendiri baik dari telur maupun dagingnya. Oleh karena itulah banyak peternak burung puyuh tersebar di nusantara. Bila Anda merupakan peternak pemula yang ingin mencoba beternak puyuh maka sebaiknya Anda mengikuti cara beternak puyuh petelur untuk pemula yang kami rangkum di sini.

Persyaratan Lokasi Ternak Puyuh

1. Pastikan lokasi budidaya puyuh Anda tidak dekat dengan pemukiman penduduk (karena bau tidak sedap akan membuat penduduk tidak nyaman)
2. Pastikan lokasi jauh dari area keramaian
3. Pilihlah lokasi yang bebas dari bibit penyakit
4. Lokasi bebas banjir
5. Lokasi memiliki sirkulasi udara yang baik dan bersih

Note : apabila gambar blur, silahkan download gambar untuk detailnya.. terima kasih


Persiapan Kandang

Pastikan udara dalam kandang stabil di suhu 20 - 25 derajat celcius. dengan tingkat kelembapan 30-80%. GUnakan cahaya lampu 25-40 watt pada siang hari dan 40-80 watt pada malam hari. Ukuran kerapatan kandang puyuh per meter adalah berisikan 90-100 ekor anakan puyuh kemudian disusutkan menjadi 60 ekor / meter pada saat berumur 10 hari hingga lepas aakan. Terakhir saat masa bertelur menjadi 40 ekor / meter.

Pembagian Jenis Kandang

Kandang burung puyuh dibagi menjadi beberapa bagian tergantung dari fungsi utama kandang ini. Berikut adalah macam-macam kandangnya:
1. Kandang indukan petelur
yaitu kandang yang memiliki fungsi utama untuk induk pembibitan.
2. Kandang untuk stater
Yaitu kandang puyuh untuk anakan yang masih berumur 1 hari hingga 3 minggu.
3. Kandang untuk grower dan layer
Yaitu kandang untuk menampung burung puyuh yang sudah grower dan layer. Ukuran umur grower berkisar 3 sampai dengan 6 minggu sedangkan layer berumur  lebih dari 6 minggu. Jika Anda tidak ingin repot membuatnya, Anda dapat membeli kandangnya secara online kemudian diantarkan langsung ke tempat Anda. Anda dapat membelinya di www.jualbibitpuyuhpetelur.com

Pemilihan Bibit Puyuh


Untuk memulai bibit puyuh sebaiknya dimulai dari pembelian bibit puyuh yang unggul dan sudah di vaksin supaya puyuh tidak rentan penyakit dan dapat lebih cepat bertelur. Jika Anda tidak sabar, Anda dapat membeli langsung bibit puyuh siap telur. Banyak penjual bibit yang sudah merambah ke dunia internet dan mereka dapat mengirimkannya ke seluruh Indonesia. Silahkan cari menggunakan kata kunci
"jual bibit puyuh petelur"

Pemeliharaan Budidaya Puyuh Petelur

1. Sanitasi
Kebersihan sangat penting untuk mencegah penyakit yang menyebabkan kematian pada ternak. Oleh karena itulah sebaiknya Anda membersihkan bagian dalam maupun luar kandang setiap hari.
2. Pengontrolan Penyakit
Jika Anda melihat ternak Anda sakit sebaiknya lakukan pengobatan dan penangkaran di kandang yang berbeda supaya penyakit tidak mengenai puyuh lain yang masih sehat. Pemberian vaksin tentu menjadi hal yang utama.
3. Pemberian Pakan
Pakan puyuh dapat berupa pellet, tepung, dan remah tepung. Pakan dapat dilakukan pada pagi dan sore. Untuk puyuh usia dewasa cukup berikan ransum di pagi hari saja.

Disqus Comments
-->