Curug Kiara Gunung Menir Bogor (Desa Ciasihan, Pamijahan)

Curug Kiara Gunung Menir (Desa Ciasihan, Pamijahan) - Haloo….  kembali lagi, setelah sekian lama tidak menulis karena kesibukan diakhir tahun lalu akhirnya saya punya juga kesempatan untuk kembali ngebolang dan menceritakannya kembali di sebuah catatan kecil di dunia maya ini walaupun ngebolang saya yang  pertama di awal tahun ini harus mengalami insiden yang lemayan menyesakkan.
Yaaap… jalan – jalan pertama saya di 2018 ini tertuju pada curug di daerah ciapus, sudah tidak asing lagi bukan?? Dan saya pun sangat penasaran dengan curug ini karena belum banyak yang tahu dan ketika saya search di mbah google dan mampir ke blog sana sini ternyata cukup dekat dengan curug ciputri dan tetangganya  Curug Ciampea, Green Lagoon Ciapus, Bogor, yang ternyata jauh dari kata dekat hahaaha… berarti bukan didaerah ciapus hehe

Note : apabila gambar blur, silahkan download gambar untuk detailnya.. terima kasih

Lokasi

Curug Kiara Gunung Menir (Desa Ciasihan, Pamijahan) ini berada di Kp. Raina Ciasihan Desa Ciasihan Kec. Pamijahan Kab. Bogor, sebenarnya untuk menuju ke curug ini kita bisa melalui jalur ciampea langsung tanpa harus melalui ciapus dahulu, tetapi karena sudah terlanjur saya dan 3 orang teman saya sepakat untuk mengajak kawan lagi yang kebetulan mereka punya hobby yang sama dan sangat tahu pasti dimana letak curug Kiara ini.

Karena saya lewat ciapus, jadi yang bisa saya jelaskan sudah pasti jalur yang saya lalui ya.. Seperti biasa jika kita berkunjung ke tempat wisata didaerah ciapus sudah pasti yang menjadi patokan untuk start  awal adalah curug luhur. Di beberapa kesempatan saya selalu menuliskan curug luhur tetapi saya sendiri belum sekalipun menuliskan tentang curug tersebut hehe

Setelah dari curug luhur kita masih lurus lagi, sama seperti ketika kita ke
Curug Ciampea  tetapi kita tidak berbelok kea rah curug tersebut melainkan lurus sedikit lagi kearah pamijahan. Dari sana kita masih harus lurus lagi kira – kira 1 km kurang lebih sampai kita bertemu pertigaan dan disebelah kanannya ada alfamart, dari sana belok kanan.
Nah dari sini jalurnya sama seperti ke  Ranggon Hills Ciapus Bogor dan Curug Balong Endah Ciapus Bogor (ada di catatan sebelumnya ya hehe) perlu diperhatikan kita tidak menuju kesana hanya patokannya saja jadi jangan sampai terlewat ya, selanjutnya kalian harus memperhatikan ke sebelah kanan sampai bertemu SDN gunung picung kemudian belok kanan.
Kita melanjutkan lagi perjalan dengan mengikuti jalan utama sampai bertemu pertigaan belok kiri masuk ke desa cibitung kulon dan masih lanjut lagi sampai bertemu pertigaan lagi Belok kiri ke jalan KM Parta, jalan ini agak sulit dilihat karena plang penanda jalannya sangat kecil.
Kalau sudah sampai sana berarti sudah tidak jauh lagi kalian harus lebih teliti lagi kaena tidak ada penunjuk jelasnya.

Oh iya, perjalanan ini lemayan jauh jadi persiapkan kendaraan kalian semaksimal mungkin karena jalan yang kita lewati itu banyak melewati tanjakan dan turunan yang lemayan sulit dan menegangkan tentunya, ditambah lagi tanjakan menuju curugnya sangat berbahaya tanjakan berbatu yang bisa membuat roda motor kalian slip mungkin penumpang belakang harus rela turun dan berjalan kaki seperti yang saya lakukan kemarin. Untuk kalian yang membawa mobil kalian tidak akan mengalami slip ban karena kalian harus berjalan kaki dari parkiran awal, lemayan bisa dijadikan pemanasan dan kepanasan hehe

Selain curug Kiara disini juga ada 3 curug lagi dan 1 tempat pemandian loh.. kalian bisa berkelana sekaligus disini. Sampai diparkiran khusus untuk ke curug Kiara kita masih harus tracking lagi kurang lebih 25 menit lagi, tetapi kalian akan ditemani dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata bisa mengobati rasa lelah diperjalan ini.

Tantangan terakhir sebelum menurunkan kaki ke air curug Kiara adalah kita harus melewati tangga yang posisinya mungkin nyaris 90󠀵󠀵󠀵⁰ yang menjadi akses keluar masuk curug ini.

Seperti yang saya ceritakan diawal tadi insiden yang saya alami adalah kamera yang dipakai untuk mengambil foto berenang bebas hingga foto yang diambil melalui kamera tersebut tidak terselamatkan jadi saya tidak bisa memberikan banyak foto disini termasuk foto patokan jika ingin kesini.

Harga Tiket Masuk Curug Kiara

Untuk harga tiket masuk ke curug ini terbilang murah, di pintu utama masuk ketempat wisata ini kita membayar Rp. 5000 untuk 1 motor, kemudian tiket masuk ke curugnya sendiri Rp. 10000 dan parkir motor Rp. 5000 saja.
Curug Kiara sendiri baru berumur 4 bulan, jadi belum ada fasilitas lainnya. Jika kalian ingin camp warga sekitar menyarankan mendirikan camp di sekitaran curug di bawahnya.