Air Terjun Tertinggi Di Indonesia


1. Air terjun Nokan Nayan - Kalimantan



Air terjun Nokan Nayan atau Nokan Lonayan adalah salah satu air terjun yang ada di wilayah  pedalaman Pulau Kalimantan. Air terjun ini ialah salah satu air terjun yang terbesar dan tertinggi di Indonesia tinggi air terjun ini mencapai 180 meter.
Air terjun Nokan Nayan sebenarnya memiliki dua aliran dari sumber-sumber yang berbeda-beda, yakni air terjun Nokan Nayan dan Jongonoi. Meskipun berbeda sumber, akan tetapi kedua air terjun tersebut jatuh bersama dalam 1 lembah yang sama. Air terjun Jongonoi jatuh tepat disamping air terjun Nokan Nayan yang juga memiliki ketinggian yang hampir sama persis



Dengan bersatunya 2 aliran sumber air tersebut maka debit air yang dihasilkan pun sangat deras dan besar. Aliran yang sangat deras ini semakin banyak ketika musim hujan tiba. Bahkan akibat terlalu derasnya air, air terjun ini dapat menciptakan kabut yang sangat tebal hingga membumbung tinggi. Di atas kabut ini akan menciptakan terjadinya pelangi yang sangat alami dan sangat indah. Pemandangan yang sangat indah ini akan terjadi di ketika musim hujan terjadi.

2. Air Terjun Payakumbuh - Sumatera Selatan

Pulau Sumatera terkenal kaya akan air terjun, bahkan air terjun terbaik di indoesia banyak berasal dari sumatera. Air terjun Payakumbuh yang juga adalah air terjun tertinggi di Indonesia, air terjun Payakumbuh berlokasi di dekat Ngarai Harau, yakni terletak 35 km dari Kota Bukittinggi.
Di lokasi air terjun ini juga terdapat perbukitan yang mana di sela- sela perbukitan tersebut terdapat sebuah jurang yang sangat dalam. Di salah satu jurang tersebut memiliki air terjun yang sangat indah. Yang menjadi keindahan tidak biasa di air terjun yang satu ini yakni dipenuhi oleh kupu- kupu yang beterbangan, sehingga menjadi sangat unik.

3. Air Terjun Tumpak Sewu - Jawa Timur

Air terjun ini juga dikenal sebagai sebutan air terjun Coban Sewu yang memiliki ketinggian 120 meter. Air terjun ini berada di provinsi Jawa Timur, lokasinya di perbatasan Kabupaten Lumajang dan juga Kabupaten Malang.
Air terjun Coban Sewu ini adalah air terjun yang sangat istimewa sekali, mengapa? Karena air terjun ini dikenal sebagai air terjun terindah yang ada di Pulau Jawa, bahkan di Indonesia. Hal ini karena bentuk air terjun ini memanjang seperti tirai sehingga biasanya di sebut sebagai air terjun dengan tipe air Tiered.
Air terjun Tumpak Sewu memiliki sumber air yang berasal dari aliran sungai Glidih. Sungai Glidih ini apabila di teliti lebih dalam maka hulunya yaitu sungai Semeru. Air terjun Tumpak Sewu lokasinya tepat terletak di wilayah yang menyerupai lembah yang curam dan memiliki elevasi sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

Disqus Comments
-->